Muliakanlah anak yatim

Januari 2004

Bermula pada hasil obrolan lepas di masjid Al-Barokah di Rw 5 Kelurahan gunung batu, bogor dengan beberapa pengurus masjid tentang kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan khususnya masalah keuangan, sampailah pada pembicaraan untuk dimulai dengan memuliakan anak yatim di Lingkungan Rw 5 dan Rw 14 (yang tadinya satu Rw). Pada waktu itu ada beberapa alasan mengapa anak yatim:

  1. Dari segi kriteria sangat jelas, bahwa anak yang ayahnya meninggal dunia adalah yatim, atau bila kedua orang tuanya meninggal disebut yatim-piatu. Sedangkan anak yang Ibunya meningal, tidak termasuk yang disantuni.
  2. Setiap tahun pada bulan Muharram, selalu mendapatkan Santunan

Proses berikutnya adalah mensosialisasikan kepada masing2 RW 5 dan RW 14, juga kepada DKM di masing2 RW tersebut. Dari hasil rapat, di mushola al-Munawaroh/Rw14, di usulkan agar santunan anak yatim tidak hanya setahun sekali saja ketika bulan muharam, tetapi ada bantuan pendidikan seperti pembayaran uang SPP bulanan, uang buku juga pembinaan keislamannya.

Yang menjadi topik diskusi mendalam adalah bagaimana mendapatkan dana dan tidak menjadi beban tambahan masyarakat, juga bila sudah rutin bulanan, bagaimana keberlangsungan kedepannya (bila sudah biasa mendapatkan bulanan, tiba2 berhenti akan mengecewakan keluarga yatim), dan siapa yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan tersebut, apakah RW atau DKM.

Ide terus bergulir, hingga sampailah pada pembentukan kepanitian santunan yatim 1 muharam 1425 H (sekitar awal tahun 2004) , namun berbeda dengan kepanitian sebelumnya, selain santunan muharam, dilanjutkan dengan kepanitian pengurusan anak yatim sampai bulan muharam berikutnya, dengan tugas memberikan bantuan pendidikan bulanan, bantuan pembelian buku sekaligus juga pencarian dana dari donatur dalam maupun luar).

Alhamdulillah sebagian besar dana untuk bantuan diatas didapatkan dari Badan Amil zakat Yayasan Amanah Takaful dan beberapa donatur setempat, sehingga pada awal kegiatan tidak banyak melibatkan pendanaan dari masyarakat.

Setelah berjalan hampir 4 tahun, santunan anak yatim berjalan lancar dan pendanaannya dari donatur lokal semakin meningkat. (to be cont….)

3 Responses to “Muliakanlah anak yatim”


  1. 1 Hasan Fauzi January 23, 2009 at 5:23 pm

    Saya tertarik sekali dengan artikel ini terutama sumber dana bantuan dari Badan Amil zakat Yayasan Amanah Takaful.
    Kebetulan kami juga mengurus anak yatim di lingkungan puri harapan yang saat ini jumlahnya +/- 60 orang
    saat ini dari dana didapat donatur setempat.
    Kalau boleh tahu bagaimana cara mendapatkan dana bantuan dari Badan Amil zakat Yayasan Amanah Takaful.

    Terima kasih

  2. 2 Hasan Fauzi January 23, 2009 at 5:29 pm

    Sorry kami hanya punya blog belum punya website

  3. 3 Mika Maulana November 23, 2010 at 1:15 pm

    Assalamu’alaikum wr,wb,

    Saudaraku…..
    Yakinlah Allah Maha Melihat akan setiap kebaikan hamba – hamba Nya, terlebih terhadap mereka yang peduli terhadap kekasih-Nya ( anak – anak yatim Piatu ), niscaya kemuliaan dan ketinggian derajat pasti menjadi balasannya.

    Keep Spirit ( tetaplah semangat ) saudaraku….
    Semoga Yayasan anda semakin berkembang baik segi manfaat maupun financialnya dan semoga semua programnya Allah berikan kesuksesan selalu. Amiin Allahuma Amiin.

    Wassalam,

    Mika Maulana S


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Info Terbaru

1. Tranfers Dana dari Bapak Suharno-Tanggerang sebesar Rp. 500 ribu tanggal 18 sept 2007 (ke rekening BMI) 2. Tranfers Dana dari Karyawan Takaful Indonesia via Muhadi khusus untuk dana Hari Raya Idul Fitri 1428 H sebesar Rp. 1,5 Juta Oktober 2007

ASSALAMU”ALAIKUM

Bila semua pihak dalam satu RW ikut berperan dalam memuliakan dan mengurus Keluarga Yatim, Insya Allah tidak akan ada Anak Yatim yang terlantar/tidak sekolah. Berangkat dari kebersamaan dan Kepedulian terhadap Keluarga Yatim di RW 14 dan RW 5 Gunung Batu Bogor, yang tadinya keluarga yatim hanya mendapat perhatian/santunan setiap 10 Muharram, sekarang sudah dapat memberikan perhatian untuk dana pendidikan, Hari Raya, dll. Kami sangat mengharapkan sumbang saran dari semua pihak, agar pengelolaan yatim berbasis RW dapat dikembangkan dan disempurnakan pengelolaannya. Ucapan terimakasih, kami sampaikan bagi para pihak yang telah membantu, baik keuangan maupun batuan lainnya, Semoga Allah swt membalas amal baik kita semua. amin
April 2007
M T W T F S S
    Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d bloggers like this: